Jumat, 12 Februari 2010

Kiat Sukses Menembus Tes EPS-KLT ke-6

Mulai tes EPS-KLT ke-5 bulan Februari 2009 lalu, sistem kelulusan tidak lagi berdasarkan skor minimal tetapi menggunakan rangking yang disesuaikan dengan kuota TKI di Korea. Sebagai gambaran Tes EPS-KLT ke-1 sampai ke-4 skor minimal lulus adalah 120, sedangkan untuk Tes EPS-KLT ke-5 kemarin rata-rata nilai kelulusan adalah skor 160 keatas. Hal ini bisa terjadi karena antara kebutuhan/ kuota yang diberikan untuk tenaga kerja dari Indonesia dengan peminat yang ingin bekerja disana untuk seluruh Indonesia perbandingannya mencapai kurang lebih 1 berbanding 6 lebih (1 orang harus mengalahkan 6 orang lebih) atau tingkat kelulusan 16,1 % saja. Dari tingkat persaingant tersebut diatas tentunya wajar apabila skor kelulusannya naik mencapai 160 keatas mengingat tingkat kesulitan soal Tes EPS-KLT ke-5 kemarin tidak terlalu sulit.

Memang dilihat dari tingkat persaingan diatas sangatlah ketat, tetapi dibalik itu ada keuntungan bagi calon TKI Korea karena dengan adanya pembatasan tingkat kelulusan yang disesuaikan dengan kuota yang ada tentunya data sending yang ada di Depnaker Korea tidak terlalu besar seperti tahun-tahun sebelumnya. Tentunya peluang peserta yang lulus dan telah disending datanya di Korea lebih besar karena data yang ada tidak terlalu banyak, sehingga Perusahaan Korea pilihannya terbatas pada data yang ada di Depnaker Korea. Perlu diketahui bahwa yang menentukan calon TKI dapat bekerja di Korea adalah perusahaan Korea berdasarkan data yang telah disending ke Depnaker Korea, nama kita pada saat disending diganti dengan Nomer ID sehingga tidak memungkinkan para calo bisa membantu untuk mencarikan pekerjaan disana. JADI BERHATI-HATILAH TERHADAP JANJI-JANJI CALO ATAU OKNUM YANG MENGAKU BISA MEMBANTU BEKERJA DI KOREA.

Berikut ini adalah tips agar kita bisa lulus Tes EPS-KLT ke-6 mendatang :

1. Belajarlah lebih giat dan persiapkan sedini mungkin, jangan gunakan lagi cara SKS (Sistem Kebut Semalam) atau belajar hanya pada saat menjelang ujian EPS-KLT saja karena Anda pasti akan kalah dengan peserta lain yang sudah mempersiapkan diri jauh-jauh hari sebelumnya.

2. Perbanyak latihan soal-soal baik reading maupun listening, kebetulan sudah banyak beredar buku kumpulan soal EPS-KLT yang terbukti pada Test EPS-KLT ke-5 kemarin banyak soal yang keluar dari buku tersebut.

3. Hilangkan anggapan bahwa Tes EPS-KLT ini hanya formalitas karena disana nanti bahasa tidak digunakan, mungkin masa lalu hal ini masih bisa kita terima karena pada masa pemberangkatan melalui swasta faktor bahasa tidak terlalu ditekankan. Akan tetapi saat ini kalau Anda ingin bekerja di Korea mau tidak mau, suka tidak suka Anda harus LOLOS Ujian EPS-KLT, karena itu merupakan persyaratan mutlak dari pihak Pemeritah Korea.

4. Menjelang ujian, ikutlah Try Out Tes EPS-KLT atau Uji Coba Test EPS-KLT. Hal ini penting karena selain faktor kemampuan bahasa yang perlu kita persiapkan, kita juga perlu mempersiapkan diri menghadapi ujian seperti yang sesungguhnya karena dari pengalaman sejak mengikuti Tes EPS-KLT pertama sampai terakhir kemarin sering kali banyak hal dan kejadian yang membuat konsentrasi kita berantakan. Misalnya : sound system yang kurang jelas atau tidak memadai (bahkan Tes EPS-KLT ke-5 kemarin di Solo ada ruangan yang belum ada pemutar kasetnya, sehingga harus bergantian dengan ruangan di sebelahnya), pengawas yang kurang paham terhadap perintah mengerjakan soalnya, adanya joki atau peserta yang berbuat curang dan kelihatannya terorganisir dan melibatkan panitia pengawas karena hal itu terkesan dibiarkan (herannya dari tahun ke tahun selalu ada laporan seperti itu)

5. Terakhir dan yang terpenting, selalu berdoa dan memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa untuk diberikan kemudahan dan kelancaran dalam menghadapi Test EPS-KLT nanti, karena tidak ada kuasa dan kekuatan kecuali atas kehendak-Nya. Gunakan cara-cara yang baik dan benar dan jangan gunakan cara-cara curang karena walaupun Anda bisa berangkat dengan cara tidak benar, uang yang Anda dapatkan nanti tidak akan Berkah dan memberikan manfaat untuk masa depan Anda, bahkan sebaliknya bisa mendatangkan petaka.

Selamat berjuang, semoga tulisan singkat ini dapat bermanfaat.

Salam sukses,


Dari : http://eps-klt.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar