Selasa, 23 Februari 2010

Goryeo

Dinasti Goryeo (918-1392) ini didirikan oleh Wang Geon, seorang jenderal yang pernah menjabat di bawah Gungye, seorang pangeran pemberontak dari Kerajaan Silla. Memilih kota asalnya Songak (sekarang Gaeseong di Korea Utara) sebagai ibukota, Wang Geon mengumumkan tujuan pemulihan wilayah yang hilang dari Kerajaan Goguryeo di timur laut Cina.
Wang Geon menamai dinasti Goryeo, dari mana nama modern Korea berasal. Walaupun Dinasti Goryeo tidak bisa merebut kembali tanah yang hilang, itu mencapai budaya canggih diwakili oleh cheongja atau biru-hijau dan subur celadon tradisi Buddhis.
Tidak kurang penting adalah penemuan pertama di dunia jenis logam bergerak di 1234, yang mendahului Kitab Gutenberg dari Jerman oleh dua abad. Tentang waktu itu, terampil seniman Korea juga menyelesaikan tugas Hercules ukiran seluruh kanon Buddhis di woodblocks besar.
Woodblocks ini, berjumlah lebih dari 80.000, dimaksudkan untuk memohon Buddha pengaruh untuk tolakan penyerbu Mongol. Disebut Tripitaka Koreana, mereka sekarang disimpan di Kuil Haeinsa bersejarah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar