Senin, 21 Juni 2010

TIMNAS Korea Selatan untuk Piala Dunia Dikawal Kiper Muslim [Lee Won Jee]


Korea Selatan adalah negara yang mewakili kawasan Asia Tenggara untuk bertanding di Piala Dunia 2010. Ternyata Timnas Korsel, dikawal oleh kiper muslim yang bernama Lee Won Jee. Posisi Lee Won Jee belum tergantikan sebagai kiper utama Timnas Korea Selatan hingga usaianya 37 tahun.

Dia menjadi satu dari dua pemain Piala Dunia Afrika Selatan 2010 yang ikut bermain pada Perang Dunia 1994 di Amerika Serikat. Sepanjang karirnya, dia telah memainkan lebih dari 194 pertandingan Internasional.
Lahir di Cheongju, dengan tinggi 182 cm, Lee dijuluki “Si Tangan Laba-Laba” atau “The Spider Hands” oleh para penggemarnya. Kemapuhannya mementahkan penalti pemain Spanyol pada perempat Final Piala Dunia 2002, mengantar Korsel pertama kalinya menuju babak semifinal. Gayanya yang tenang dengan sosok kekarnya, menjadikan gawang Korsel cukup sulit dibobol. 
Lee memulai debut sepak bolanya di Korean League, lewat klub Kyunghee University. Ia kemudian pindah ke klub Sangmu hingga dipanggil untuk wajib militer selama dua tahun.
Kembali ke sepak bola masuk Samsung Suwon hingga sekarang. Bersama Samsung, Lee tak kurang memainkan 264 pertandingan. Sejumlah penghargaan lewat klub maupun Timnas banyak dikoleksinya, terutama di kawasan lokal maupun Asia.
Won Jee sejak tahun 2004 menjadi seorang muslim seiring dengan perkembangan agama Islam di negeri Korsel. Ia pun tak pernah lupa untuk mngerjakan Sholat lima waktu.
Saat ini, Lee dan kawan-kawan bertekad sedikitnya menyamakan prestasi saat menjadi tuan rumah sebagai semi finalis. Untuk itu mereka harus melewati hadangan Argentina, Yunani, dan Nigeria pada babak penyisihan. Lee sendiri memiliki misi khusus untuk mencetak rekor terbanyak bermain untuk Timnas dan meberikan prestasi terbaik.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar